BAHASA INDONESIA KLS VIII Pert ke 14 18 Nov 2020

 IKLAN 


Pengertian Teks Iklan


Teks Iklan adalah salah satu media promosi yang sangat efektif untuk mempromosikan barang atau jasa kepada masyarakat yang dibuat se-menarik mungkin dengan tujuan agar masyarakat tertarik mengenali, membeli, atau menikmati barang atau jasa tersebut.

Iklan dapat disampaikan melalui media cetak (koran, majalah, dll), maupun elektronik (radio, internet, televisi, dll).

Iklan juga bisa ditemui dalam bentuk brosur, spanduk, dan poster. Dengan tujuan menarik perhatian masyarakat, sehingga teks iklan adalah persuasif.

Syarat Iklan:


Sesuai fakta (jujur) dan objektif
Singkat, jelas, padat, mudah dipahami
Tidak menyinggung pihak lain
Tepat sasaran
Kata-kata sopan, menarik, logis
Struktur Teks Iklan

Untuk membuat suatu iklan yang baik dan benar perlu diperhatikan 3 struktur teks iklan berikut ini:
Judul yaitu bagian yang diletakkan dibagian paling atas dan dilihat pertama kali oleh orang, tetapi tidak semua iklan mencantumkan judul.
Nama Produk/Jasa yaitu bagian yang berisi tentang nama produk atau jasa yang akan ditawarkan.
Deskripsi yaitu bagian yang menjelaskan produk atau jasa yang ditawarkan kepada masyarakat, ditulis dengan menarik dan cara mendapat produk tersebut, alamat atau nomor yang bisa dihubungi.
Fungsi

Beberapa fungsi iklan yaitu:
Sebagai upaya pendekatan / persuasi (mengarahkan konsumen untuk membeli)
Sebagai informasi untuk menyampaikan produk baru
Sebagai pengingat agar konsumen selalu menggunakan produk tersebut
Ciri iklan yang baik

Beberapa ciri iklan yang baik diantaranya:
Memiliki sasaran yang jelas dengan menentukan target konsumen. Selanjutnya menentukan media pasang iklan dan penetapan target konsumen tergantung pada harga, distribusi, kualitas.
Memiliki fokus atau hal yang ingin diberitahu dari produk dan jasa yang diiklankan.
Memiliki daya tarik tertentu sehingga konsumen yang dibidik bisa berhenti dan memperhatikan isi iklan. Selain kata-kata yang memikat, daya tarik iklan bisa timbul karena desain yang menarik.
Sajikan iklan dengan sebagus dan semenarik mungkin
Komunikasi iklan mempunyai 4 unsur utama, yaitu:
Pengirim iklan ialah produksen atau dalam bisnis periklanan bisa diwakili oleh biro iklan
Isi iklan dalam iklan headline tidak lebih dari 10 kata dan diharapkan konsumen bisa dapat banyak informasi tentang produk dan jasa
Media komunikasi tempat iklan disajikan. Biasanya di media sosial, media cetak, dan lainnya.
Penerima iklan konsumen yang dibidik produk barang / jasa kita.
Pilih slogan yang padat tetapi berisi yang merupakan headline dari produk/jasa kit
Kaidah Kebahasaan

1. Menggunakan slogan


Slogan ialah kalimat yang mudah diingat, menarik, dan mencolok. Slogan biasanya berupa susunan kata tertentu yang memberi penjelasan secara singkat terhadap suatu produk atau jasa sehingga mudah diingat.

Misalnya:
Merdeka atau mati
Say no to drugs

2. Kalimat Persuasif

Maksudnya kalimat ini bertujuan meyakinkan serta membujuk pembaca agar menerima gagasan penulis terhadap sesuatu. Ada beberapa kalimat persuasif di iklan produk tersebut.

3. Memakai Subjek Ornag Pertama

Biasanya, teks iklan akan menggunakan subjek orang pertama atau tunggal / jamak Seperti aku, saya, dan kami, untuk mengganti instansi pemasang iklan. Subjek yang dipakai di teks iklan itu ialah subjek orang pertama jamak, yaitu kami.

Jenis Teks Iklan

Iklan Pengumuman, yaitu iklan dengan tujuan memberitahu masyarakat tentang hal penting seperti kelahiran, ulang tahun, dan sejenisnya.
Iklan Undangan, yaitu iklan ajakan untuk mengikuti acara tertentu, misalnya pernikahan.
Iklan Layanan Masyarakat, yaitu iklan yang menjelaskan kepada masyarakat tentang program pemerintah atau swasta, misalnya program Keluarga Berencana, anti-narkoba, dan sejenisnya.
Iklan Permintaan, misalnya iklan lowongan pekerjaan.
Iklan Penawaran, yaitu iklan yang berisi promosi produk barang atau jasa.
Iklan Artikel, yaitu uraian iklan panjang mengenai suatu hal meliputi kelebihan dan keunggulan produk atau jasa.
TUGAS 14
BUATLAH CONTOH IKLAN JASA

Comments

Popular posts from this blog

BAHASA INDONESIA KLS VIII Pert ke 12 21 Okt 2020

BAHASA INDONESIA KLS VIII Petemuan ke 5 26 Agustus 2020

BAHASA INDONESIA Kls VIII Pertemuan ke- 2 Rabu 29 Juli 2020